Scroll to Top

3 minutes reading time

0 comments

25

Cara menentukan arah kiblat dengan kompas?

admin

2 weeks ago

Bagaimana cara menemukan arah kiblat dengan kompas? Apa yang harus kita lakukan untuk menemukan arah kiblat dengan bantuan kompas? Dalam artikel ini, Anda akan menemukan apa yang perlu Anda lakukan langkah demi langkah untuk menemukan arah kiblat dengan kompas. Seperti diketahui, arah utama dapat ditemukan dengan cepat dan praktis dengan kompas. Pertama-tama, mari kita berikan informasi tentang penggunaan kompas:

Karena kompas adalah perangkat magnetis, kompas dipengaruhi oleh benda logam di sekitarnya. Kita harus berhati-hati agar tidak ada benda logam yang menimbulkan medan magnet di sekitar kompas. Misalnya segala macam benda logam, mobil, komputer, televisi dan benda sejenis yang menimbulkan medan magnet. Kompas magnet dapat mengalami penyimpangan karena logam dan unsur serupa yang menciptakan medan magnet. Penting untuk melakukan pengukuran jauh dari elemen yang menciptakan medan magnet untuk mendapatkan hasil yang akurat.

 

Sekarang pegang kompas di tangan Anda sejajar dengan tanah. Anda juga dapat mengukurnya dengan meletakkannya pada benda tetap seperti meja. Bagian terpenting dari kompas adalah jarum magnet. Jarum ini dipasang pada badan kompas agar dapat bergerak bebas. Tunggu sampai jarum kompas tidak bergerak. Ujung jarum kompas yang berwarna (misalnya merah) selalu mengarah ke utara. Anda dapat dengan mudah menemukan petunjuk arah dari sini. Jika kamu menghadapkan wajahmu ke arah utara, tempat jarum kompas berwarna menunjuk, maka punggungmu akan mengarah ke selatan, lengan kananmu akan mengarah ke timur, dan lengan kirimu akan mengarah ke barat. Sekarang kita bisa menentukan kiblat ke arah ini. Di negara-negara seperti Indonesia, Malaysia, dan Singapura, arah kiblat umumnya adalah barat laut. Anda dapat menunaikan shalat ke arah kiblat (arah antara barat dan utara) yang kita temukan dalam bentuk penentuan arah dengan kompas. Namun jika Anda ingin menentukan arah kiblat secara tepat dan jelas, Anda perlu mengetahui sudut arah kiblat di lokasi Anda.

Untuk mengetahui arah kiblat secara tepat dengan kompas, lakukan hal berikut: Pertama-tama, kita perlu mengetahui derajat kiblat tempat kita berada dengan kompas. Anda bisa menggunakan situs pencari kiblat di internet untuk mengetahui derajat kiblat. Kami ingatkan lagi bahwa Anda harus menggunakan derajat kiblat untuk kompas. Anda harus mengukur jauh dari benda-benda yang menciptakan medan magnet. Pegang kompas secara horizontal di atas tanah. Tunggu sampai jarum kompas stabil. Putar kompas hingga jarum kompas berwarna bertepatan dengan N pada bingkai kompas. Kita berhenti ketika jarum kompas berwarna dan N berpotongan. Sekarang kita cari derajat kiblat lokasi kita searah jarum jam dari N. Arah yang ditunjukkan derajat kiblat lokasi kita adalah arah kiblat kita. Dengan demikian, kami menentukan arah kiblat kami dengan tepat dan 100% akurat. Kini kita dapat menunaikan shalat dengan menoleh ke arah kiblat yang telah kita temukan dengan tenang.

Comments

No comments yet, would you like to be the first to comment?

Leave a Comment